Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin. detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Tips Agar Komponen pada Mobil Berumur Panjang

12 September 2009

Seringkali kita mengabaikan perawatan berkala pada mobil kita agar kondisinya tetap prima. Mungkin ini adalah hal yang sepele, namun bila tak dilakukan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar dan membutuhkan biaya perbaikan yang tak sedikit.

Usia sejumlah komponen mobil memang memiliki usia atau masa pakai dan hal itu dapat diperpanjang dengan perawatan yang mudah dan murah. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan sebelum waktunya.

1. Sebelum mematikan mesin, kecilkan volume suara dan matikan sistem audio kendaraan. Dengan mematikan audio sebelum mematikan mesin, setidaknya sistem audio tidak menyimpan arus listrik. Jika arus listrik sisa masih tersimpan, dikhawatirkan terjadi lonjakan tegangan yang mengakibatkan sistem audio menjadi rusak.

2. Luruskan ban mobil saat parkir sebelum mematikan mesin. Dalam kondisi diam dan setir dibelokkan, maka putaran mesin akan naik jika mobil kembali dihidupkan. Pasalnya, power steering dirancang untuk bekerja saat setir dalam keadaan tidak lurus. Saat setir lurus, maka mesin akan mencapai putaran stationer dan power steering yang tidak bekerja penuh. Dengan demikian, komponen power steering termasuk oli akan tetap awet.

3. Matikan dahulu AC sebelum mesin dimatikan. Cara ini membuat bearing atau bantalan roda dan beberapa komponen kompresor AC akan berumur panjang. Sebab, komponen tersebut tidak berhenti secara tiba-tiba saat putaran kerjanya sedang tinggi.

4. Untuk mobil bermesin turbo, biarkan mesin hidup sejenak sebelum dimatikan. Saat mesin stationer, aliran pelumasan bearing atau bantalan turbo dalam kondisi stabil. Sehingga kondisi bearing akan lebih awet mengingat kinerja turbo sangat dipengaruhi bearing.

5. Periksa tekanan angin ban sesering mungkin. Kekurangan tekanan angin dapat membuat permukaan ban aus tidak merata. Agar lebih sempurna, sebaiknya lakukan rotasi ban secara berkala setiap 10.000 km atau enam bulan sekali.

6. Halangi kaca depan saat mobil parkir di tempat terik. Anda bisa menggunakan karton, koran, atau kain untuk menutup kaca depan agar sinar ultraviolet dari sinar matahari tidak masuk ke dalam kabin. Sinar UV ini dapat memudarkan kain jok dan membuat busa kursi menjadi getas.

7. Hindari menghantam lubang dalam kecepatan tinggi. Bila terlalu sering dipaksakan, umur suspensi dan ban akan cepat rusak.

8. Jangan membiarkan putaran mesin terlalu tinggi. Bila mobil Anda bertransmisi manual, segera pindahkan posisi gigi ke posisi yang lebih rendah. Selain menjaga mesin tidak overheat dan tetap awet, juga konsumsi bahan bakar menjadi lebih ekonomis.

9. Lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi sesuai buku manual service. Pastikan kondisi filter udara, radiator, busi, hingga air aki dalam kondisi sempurna.

10. Gunakanlah selalu oli mesin yang berasal dari bahan baku sintetik yang secara khusus diformulasikan dengan aditif bermutu tinggi, sehingga dapat memberikan keuntungan lebih baik dibanding minyak pelumas mineral. Oli ini terbukti dapat meningkatkan ketahanan mesin terhadap panas, mengurangi gesekan antar bagian mesin serta menstabilkan tingkat oksidasi.

Bagi mobil bermesin diesel, gunakan oli yang mengandung aditif berteknologi tinggi yang mampu mengontrol oksidasi dan mengendalikan jelaga (soot) dengan baik, sehingga memberikan perlindungan yang efektif terhadap pembentukan deposit piston sebagai akibat dari temperatur tinggi, keausan, korosi serta pembentukan busa. Dengan demikian mesin Anda akan terjaga dengan awet.



Baca juga
  » 17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin.

  » 8 April 2014
Lakukan Ini saat Lampu Indikator Check Engine Menyala
Tidak perlu panik ketikalampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) tiba-tiba menyala

  » 28 Maret 2014
Gangguan yang Kerap Muncul Pada Rem Mobil
Pemakaian kampas yang tidak sesuai peruntukannya, membuat beberapa material kampas tertinggal di cakram

  » 22 Maret 2014
Mengenal Jenis Perangkat Rem pada Mobil
perangkat rem yang selama ini difungsikan dengan menginjak pedal di bagian bawah, memang sangat bergantung dari tekanan oli

  » 18 Maret 2014
Kenali Ciri Mobil yang Harus di Spooring dan Balancing
Banyaknya lubang yang bertebaran di jalanan akibat efek banjir di berbagai daerah menjadi momok seram bagi kaki-kaki mobil

  » 8 Maret 2014
Mengenal Perangkat Aerodinamika yang Ada di Mobil
Perangkat aerodinamika atau pengarah angin yang ada di mobil bertujuan supaya angin yang ‘tertabrak’ dapat mengalir dengan mulus

  » 5 Maret 2014
Cara Mudah Cek Kondisi Suspensi Mobil
suspensi memegang peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian saat berkendara

  » 3 Maret 2014
Kenali Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Pada Mobil
Hubungan arus pendek listrik atau short merupakan unsur internal yang kerap menjadi sumber utama terjadinya kebakaran

  » 26 Februari 2014
Mengenal Teknologi "Anti Maling" Immobilizer
Prinsip dari immobilizer sederhana saja, Di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode

  » 22 Februari 2014
Pentingnya Mengganti Filter Mobil Secara Rutin
Untuk beberapa kasus, filter harus diganti lebih cepat karena kondisi lingkungan yang tidak menunjang

  » 14 Februari 2014
Efek Debu Vulkanik bagi Kendaraan Bermotor dan Solusinya
Debu vulkanik yang ditimbulkan akibat letusan gunung berapi tak hanya berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan, tetapi juga terhadap kendaraan bermotor.

  » 13 Februari 2014
Mengenal Cara Kerja dan Jenis Kompresor AC Mobil
Kompresor layaknya jantung dalam sebuah sistem AC. Ia bertugas mensirkulasikan atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator

  » 2 Februari 2014
Mengenal Perkembangan Mesin 3-Silinder
Penggunaan bahan bakar yang efisien selalu menjadi target utama dari perkembangan teknologi mesin modern

  » 27 Januari 2014
Beginilah Cara Kerja Autonomous Car atau Self Driving Car
Mimpi manuasia membuat mobil yang bisa mengendalikan dirinya sendiri sudah puluhan tahun lalu ada. Tapi baru akhir-akhir ini riset dan teknologi para pabrikan berhasil mewujudkannya

  » 18 Januari 2014
Mengenal Fungsi Engine Mounting dan Cara Deteksi Kerusakannya
Konstruksi engine mounting konvensional umumnya berupa pelat baja dengan satu sisi menjadi pengait dengan sasis

Information
18 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,685,461
Customer Service
marketing_mbm
Search
Search:
Others
Others
 

Link Partners:
Harga Toyota Surabaya

Copyright © 2008-2014  www.manualbookmobil.com (Andalan Jaya Group)


Toko Online