Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin. detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Cermati Bagian Ini Agar Nyaman Berkendara

16 Februari 2013

Tak hanya kondisi mesin sehat dan AC yang dingin, sektor roda kendaraan pun perlu diperiksa demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Apalagi kondisi jalan yang sulit diprediksi membuat roda perlu dipersiapkan dengan baik. Belum lagi dengan beban penuh yang akan menjadi tantangan roda saat perjalanan. Bila tidak dipersiapkan dengan baik, tentu resiko keselamatan akan menjadi taruhannya.

Keuntungan lainnya adalah konsumsi BBM akan menjadi lebih irit bila seluruh kondisi suspensi dan roda dalam keadaan prima. Dalam perjalanan jauh, hal tersebut tentunya sangat berarti dalam menghemat pengeluaran. Berkendara pun akan menyenangkan bila kendali berada dalam titik optimal. Bagian-bagian yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

KONDISI BAN

Sebagai bidang yang bersinggungan langsung dengan jalan, tentu perannya begitu penting. Hilang daya cengkeram ban, maka pengemudi akan turut kehilangan pengendalian atas kendaraannya. Ketebalan pattern ban perlu diperiksa agar ia tetap mampu digunakan saat kondisi basah. Kemampuan ban dalam membuang air sangat penting dalam kondisi hujan. Bila pattern ban telah menyentuh garis Tread Wear Indicatior (TWI) menandakan ban perlu segera diganti.

Selain itu, tekanan angin turut menjadi poin penting selanjutnya. Ban dalam kondisi baik sekalipun bila kekurangan tekanan angin akan berpotensi terhadap pecah ban. Apalagi saat mudik, kendaraan cenderung dalam kondisi beban penuh. Dan ini sangat mempengaruhi terhadap konsumsi BBM. Tak hanya itu, tambalan tidak permanen pun dapat menjadi pemicu pecah ban. Tak ada salahnya untuk segera menambal ban secara permanen agar keselamatan berkendara kian terjamin. Dan bila harus mengganti ban, tak ada salahnya memilih ban ramah lingkungan yang memiliki hambatan gulir yang rendah.

SISTEM KEMUDI

Kondisi peranti ini patut mendapat perhatian. Selain untuk memberi kenyamanan, ia juga berperan terhadap keselamatan berkendara. Pastikan kondisi long tie rod end dalam kondisi baik. Untuk memeriksanya, Anda dapat mendongkrak hingga ban terangkat, lalu goyangkan ban secara vertiKal. Bila terdapat bunyi gemeretak atau celah berlebih, menandakan bahwa komponen perlu segera diganti.

Untuk memeriksa kerusakan ball joint, Anda dapat menggoyangkan secara horizontal. Bila terdapat celah berlebih atau terdengar suara gemeretak, menandakan kerusakan pada komponen tersebut. Selain itu, keausan ban di bagian dalam menjadi ciri selanjutnya.

Bunyi gemeretak saat melewati jalan rusak pun dapat disebabkan oleh bushing di rack steer. Apalagi mobil modern saat ini telah menggunakan teknologi EPS (Electronic Power Steering). Nah, bagi mobil yang masih menerapkan power steering hidraulis, pastikan tidak ada kebocoran pada sistem. Selain itu, periksa belt dan pastikan ia masih dalam kondisi baik. Bila sudah retak, tak ada salahnya untuk menggantinya.

BEARING

Dengungan pada kecepatan tertentu mejadi ciri awal kerusakan bearing roda. Bila kondisinya makin parah, dengungan sudah mulai terdengar sejak kecepatan rendah sekalipun.
Untuk memeriksanya, putar roda berlawanan dengan arah laju kendaraan dalam kondisi roda terdongkrak. Bila putaran roda terasa tidak halus, sudah dipastikan bearing perlu segera diganti.

SUSPENSI

Ayunan suspensi berlebih akan mempengaruhi kestabilan berkendara. Hal ini kerap terjadi bila sokbreker telah lemah. Untuk merasakannya, Anda dapat memperhatikan ayunan saat melewati gundukan jalan. Bila ayunan lebih dari 1 kali menandakan sokbreker mulai lemah. Untuk per, memang tidak menjadi poin krusial. Namun bagi yang menggunakan per jenis sport, perlu mempertimbangkan terhadap ground clearance kendaraan. Jangan sampai saat dimuati beban penuh, kemampuan kendaraan melewati beragam kondisi jalan menurun drastis alias sering mentok. Tak hanya itu, penggunaan per sport juga perlu memperhatikan karet stopper. Jangan sampai jarak main sokbreker minim sehingga kenyamanan berkendara turut terkorban­kan.

KARET BUSHING

Selain suara yang dihasilkan, kerusakan karet bushing dapat dirasakan saat melewati jalan yang memiliki perbedaan ketinggian. Meski kemudi tidak diubah, namun laju kendaraan berubah akibat karet bushing yang rusak. Bila kondisi kerusakan sudah parah, suara besi saling bertumbukan pun kerap terdengar.

WHEEL ALIGNMENT & BALANCING

Seluruh perbaikan yang Anda lakukan perlu ditindaklanjuti dengan wheel alignment. Begitu pula bila Anda mulai merasakan gejala melayang saat berkendara di kecepatan tinggi atau kemudi menarik ke salah satu sisi. Ciri tersebut menandakan mobil perlu segera disetel sudut-sudut rodanya. Sedangkan bila terasa getaran saat di kecepatan tertentu atau melakukan bongkar pasang ban, maka roda perlu di-balancing kembali.



Baca juga
  » 17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin.

  » 8 April 2014
Lakukan Ini saat Lampu Indikator Check Engine Menyala
Tidak perlu panik ketikalampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) tiba-tiba menyala

  » 28 Maret 2014
Gangguan yang Kerap Muncul Pada Rem Mobil
Pemakaian kampas yang tidak sesuai peruntukannya, membuat beberapa material kampas tertinggal di cakram

  » 22 Maret 2014
Mengenal Jenis Perangkat Rem pada Mobil
perangkat rem yang selama ini difungsikan dengan menginjak pedal di bagian bawah, memang sangat bergantung dari tekanan oli

  » 18 Maret 2014
Kenali Ciri Mobil yang Harus di Spooring dan Balancing
Banyaknya lubang yang bertebaran di jalanan akibat efek banjir di berbagai daerah menjadi momok seram bagi kaki-kaki mobil

  » 8 Maret 2014
Mengenal Perangkat Aerodinamika yang Ada di Mobil
Perangkat aerodinamika atau pengarah angin yang ada di mobil bertujuan supaya angin yang ‘tertabrak’ dapat mengalir dengan mulus

  » 5 Maret 2014
Cara Mudah Cek Kondisi Suspensi Mobil
suspensi memegang peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian saat berkendara

  » 3 Maret 2014
Kenali Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Pada Mobil
Hubungan arus pendek listrik atau short merupakan unsur internal yang kerap menjadi sumber utama terjadinya kebakaran

  » 26 Februari 2014
Mengenal Teknologi "Anti Maling" Immobilizer
Prinsip dari immobilizer sederhana saja, Di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode

  » 22 Februari 2014
Pentingnya Mengganti Filter Mobil Secara Rutin
Untuk beberapa kasus, filter harus diganti lebih cepat karena kondisi lingkungan yang tidak menunjang

  » 14 Februari 2014
Efek Debu Vulkanik bagi Kendaraan Bermotor dan Solusinya
Debu vulkanik yang ditimbulkan akibat letusan gunung berapi tak hanya berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan, tetapi juga terhadap kendaraan bermotor.

  » 13 Februari 2014
Mengenal Cara Kerja dan Jenis Kompresor AC Mobil
Kompresor layaknya jantung dalam sebuah sistem AC. Ia bertugas mensirkulasikan atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator

  » 2 Februari 2014
Mengenal Perkembangan Mesin 3-Silinder
Penggunaan bahan bakar yang efisien selalu menjadi target utama dari perkembangan teknologi mesin modern

  » 27 Januari 2014
Beginilah Cara Kerja Autonomous Car atau Self Driving Car
Mimpi manuasia membuat mobil yang bisa mengendalikan dirinya sendiri sudah puluhan tahun lalu ada. Tapi baru akhir-akhir ini riset dan teknologi para pabrikan berhasil mewujudkannya

  » 18 Januari 2014
Mengenal Fungsi Engine Mounting dan Cara Deteksi Kerusakannya
Konstruksi engine mounting konvensional umumnya berupa pelat baja dengan satu sisi menjadi pengait dengan sasis

Information
26 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,682,040
Customer Service
marketing_mbm
Search
Search:
Others
Others
 

Link Partners:
Harga Toyota Surabaya

Copyright © 2008-2014  www.manualbookmobil.com (Andalan Jaya Group)


Toko Online