Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
30 September 2014
Komponen Penentu Performa Mesin Mobil
Perawatan berkala, umumnya akan dilakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen yang dihitung berdasar umur pakai. detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Cermati Bagian Ini Agar Nyaman Berkendara

16 Februari 2013

Tak hanya kondisi mesin sehat dan AC yang dingin, sektor roda kendaraan pun perlu diperiksa demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Apalagi kondisi jalan yang sulit diprediksi membuat roda perlu dipersiapkan dengan baik. Belum lagi dengan beban penuh yang akan menjadi tantangan roda saat perjalanan. Bila tidak dipersiapkan dengan baik, tentu resiko keselamatan akan menjadi taruhannya.

Keuntungan lainnya adalah konsumsi BBM akan menjadi lebih irit bila seluruh kondisi suspensi dan roda dalam keadaan prima. Dalam perjalanan jauh, hal tersebut tentunya sangat berarti dalam menghemat pengeluaran. Berkendara pun akan menyenangkan bila kendali berada dalam titik optimal. Bagian-bagian yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

KONDISI BAN

Sebagai bidang yang bersinggungan langsung dengan jalan, tentu perannya begitu penting. Hilang daya cengkeram ban, maka pengemudi akan turut kehilangan pengendalian atas kendaraannya. Ketebalan pattern ban perlu diperiksa agar ia tetap mampu digunakan saat kondisi basah. Kemampuan ban dalam membuang air sangat penting dalam kondisi hujan. Bila pattern ban telah menyentuh garis Tread Wear Indicatior (TWI) menandakan ban perlu segera diganti.

Selain itu, tekanan angin turut menjadi poin penting selanjutnya. Ban dalam kondisi baik sekalipun bila kekurangan tekanan angin akan berpotensi terhadap pecah ban. Apalagi saat mudik, kendaraan cenderung dalam kondisi beban penuh. Dan ini sangat mempengaruhi terhadap konsumsi BBM. Tak hanya itu, tambalan tidak permanen pun dapat menjadi pemicu pecah ban. Tak ada salahnya untuk segera menambal ban secara permanen agar keselamatan berkendara kian terjamin. Dan bila harus mengganti ban, tak ada salahnya memilih ban ramah lingkungan yang memiliki hambatan gulir yang rendah.

SISTEM KEMUDI

Kondisi peranti ini patut mendapat perhatian. Selain untuk memberi kenyamanan, ia juga berperan terhadap keselamatan berkendara. Pastikan kondisi long tie rod end dalam kondisi baik. Untuk memeriksanya, Anda dapat mendongkrak hingga ban terangkat, lalu goyangkan ban secara vertiKal. Bila terdapat bunyi gemeretak atau celah berlebih, menandakan bahwa komponen perlu segera diganti.

Untuk memeriksa kerusakan ball joint, Anda dapat menggoyangkan secara horizontal. Bila terdapat celah berlebih atau terdengar suara gemeretak, menandakan kerusakan pada komponen tersebut. Selain itu, keausan ban di bagian dalam menjadi ciri selanjutnya.

Bunyi gemeretak saat melewati jalan rusak pun dapat disebabkan oleh bushing di rack steer. Apalagi mobil modern saat ini telah menggunakan teknologi EPS (Electronic Power Steering). Nah, bagi mobil yang masih menerapkan power steering hidraulis, pastikan tidak ada kebocoran pada sistem. Selain itu, periksa belt dan pastikan ia masih dalam kondisi baik. Bila sudah retak, tak ada salahnya untuk menggantinya.

BEARING

Dengungan pada kecepatan tertentu mejadi ciri awal kerusakan bearing roda. Bila kondisinya makin parah, dengungan sudah mulai terdengar sejak kecepatan rendah sekalipun.
Untuk memeriksanya, putar roda berlawanan dengan arah laju kendaraan dalam kondisi roda terdongkrak. Bila putaran roda terasa tidak halus, sudah dipastikan bearing perlu segera diganti.

SUSPENSI

Ayunan suspensi berlebih akan mempengaruhi kestabilan berkendara. Hal ini kerap terjadi bila sokbreker telah lemah. Untuk merasakannya, Anda dapat memperhatikan ayunan saat melewati gundukan jalan. Bila ayunan lebih dari 1 kali menandakan sokbreker mulai lemah. Untuk per, memang tidak menjadi poin krusial. Namun bagi yang menggunakan per jenis sport, perlu mempertimbangkan terhadap ground clearance kendaraan. Jangan sampai saat dimuati beban penuh, kemampuan kendaraan melewati beragam kondisi jalan menurun drastis alias sering mentok. Tak hanya itu, penggunaan per sport juga perlu memperhatikan karet stopper. Jangan sampai jarak main sokbreker minim sehingga kenyamanan berkendara turut terkorban­kan.

KARET BUSHING

Selain suara yang dihasilkan, kerusakan karet bushing dapat dirasakan saat melewati jalan yang memiliki perbedaan ketinggian. Meski kemudi tidak diubah, namun laju kendaraan berubah akibat karet bushing yang rusak. Bila kondisi kerusakan sudah parah, suara besi saling bertumbukan pun kerap terdengar.

WHEEL ALIGNMENT & BALANCING

Seluruh perbaikan yang Anda lakukan perlu ditindaklanjuti dengan wheel alignment. Begitu pula bila Anda mulai merasakan gejala melayang saat berkendara di kecepatan tinggi atau kemudi menarik ke salah satu sisi. Ciri tersebut menandakan mobil perlu segera disetel sudut-sudut rodanya. Sedangkan bila terasa getaran saat di kecepatan tertentu atau melakukan bongkar pasang ban, maka roda perlu di-balancing kembali.



Baca juga
  » 30 September 2014
Komponen Penentu Performa Mesin Mobil
Perawatan berkala, umumnya akan dilakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen yang dihitung berdasar umur pakai.

  » 25 Agustus 2014
Mengenal Penyakit yang Biasa Terjadi pada Puli
Karena dikencangkan beltnya dan dipakai bertahun-tahun menyebabkan puli bisa rusak

  » 26 Juli 2014
Tips Aman Berkendara Jauh Pakai Mobil Tua
Pengecekan komponen pada mobil lawas diperluas ke tali kipas hingga pompa air

  » 25 Juli 2014
Cara Gampang Merawat Kaca Film Mobil
Kaca film di mobil butuh perawatan jika ingin usia pakai lama

  » 24 Juli 2014
Lakukan Ini Agar AC Mobil Selalu Dingin
Ada beberapa bagian yang bisa di cek, agar kualitas AC mobil tetap terjaga

  » 23 Juli 2014
Tips Ringan Mengisi Air Radiator BMW
Cara mengisi air radiator yang salah sebabkan banyak udara di dalam tabung reservoir yang belum dikeluarkan

  » 22 Juli 2014
Solusi Untuk Mobil yang Pedal Koplingnya ”Keras”
Menginjak dan melepas kopling secara kasar bila sering dilakukan, pelat/piringan kopling terhadap roda gila akan terasa lebih keras

  » 21 Juli 2014
Evolusi Transmisi Otomotis pada Mobil
Bukan hanya hebat untuk mobil sehari-hari, mobil balap sekelas F1 pun memiliki transmisi otomatis

  » 16 Juli 2014
Mengenal Teknologi Lampu LED
Kini penggunaan lampu LED mulai diadopsi pada berbagai area, kehadiran LED bukan sekadar pelengkap aksesori belaka

  » 11 Juli 2014
Efek Buruk buat Mobil Injeksi yang Tangkinya Sering Kosong
Selain menjadi media bakar, bahan bakar juga sebagai media pendingin bagi pompa bahan bakar.

  » 1 Juli 2014
Tips Berkendara dengan Mobil Turbo
Aman mengemudikan mobil berturbo, ada beberapa faktor yang perlu diketahui dan tips berkendara yang bisa diterapkan

  » 28 Juni 2014
Perawatan buat Mobil yang Berumur Diatas 5 Tahun
Perawatan mobil setelah berusia lima tahun merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan oleh semua pemilik kendaraan

  » 23 Juni 2014
Fitur-Fitur Mobil Paling Cocok untuk Indonesia
Pertimbangan konsumen untuk membeli mobil salah satunya adalah kelengkapan fitur

  » 18 Juni 2014
Perlakuan Pada Mobil Dalam Kondisi Tidak Normal
Dalam perawatan, akan tertera perlakuan terhadap mobil jika berjalan dalam kondisi tidak normal.

  » 12 Juni 2014
Fitur - Fitur Audio Mobil Terkini
Teknologi mengubah banyak hal, audio mobil tidak lagi sekadar sebagai media mendengarkan lagu

Information
11 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,851,090
Search
Search:
Others
Others
 

Link Partners:

DutaFashion - Pusat Distro Bandung

Harga Toyota Surabaya

Copyright © 2008-2014  www.manualbookmobil.com All rights reserved.


Toko Online