Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
8 April 2014
Lakukan Ini saat Lampu Indikator Check Engine Menyala
Tidak perlu panik ketikalampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) tiba-tiba menyala detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Langkah Mudah Merawat AC

6 Oktober 2009

Semua mobil baru telah menawarkan AC sebagai salah satu perlengkapan standar. Produsen truk pun juga telah menawarkan AC sebagai perlengkapan standar kabin mendampingi power steering.

Karena dipergunakan terus-menerus, terutama di kota-kota besar agar tetap beroperasi optimal unit AC juga memerlukan perawatan. Yang paling gampang dalam merawat AC adalah menyerahkannya ke teknisi profesional.

Yang menjadi pertanyaan kapan AC harus dibawa ke bengkel khusus pengatur udara? Untuk mengetahuinya perlu anda simak gejala-gejala malfungsi yang wajib diperhatikan. Diantaranya :

1. Bau Busuk

Bau busuk yang keluar begitu AC dinyalakan terjadi akibat adanya bakteri, micro-organisme, jamur yang menumpuk di sekitar kisi-kisi AC, terutama kisi-kisi di dashboard. Untuk menghilangkan bau mengganggu itu, bersihkan dengan anti-bacterial treatments. Cairan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko aksesoris mobil. Ketika jamur sudah bersih, udara yang disemprotkan AC akan segar lagi.


2. Kurang Dingin

Bila AC kurang dingin, tiba waktunya masuk bengkel. Menurunnya daya kerja AC bisa disebabkan adanya kebocoran atau refrigerant sudah waktunya diganti/ditambah. Untuk memperbaiki hal ini lebih baik dilakukan teknisi bengkel AC.


3. Hidupkan Terus Menerus

Sistem AC yang hidup terus sepanjang tahun justru lebih sehat. AC jalan mendorong refrigerant terus bersirkulasi. Refrigerant yang dipakai mengandung pelumas yang melumasi seluruh sistem dan mencegah kebocoran. Yang paling penting pelumas pada refrigerant melumasi dan merawat kompresor. Juga menjaga seal dan pipa tetap lembab, sehingga terjaga dari resiko retak karena kering yang bisa berujung pada kebocoran sistem.


4. Jangan Remehkan Bunyi Aneh

Jika muncul suara-suara aneh, tidak biasa dari AC yang sebelumnya tidak ada, sangat disarankan untuk sesegara mungkin mendatangi bengkel AC untuk diperiksa. Ada suara-suara yang merupakan gejala awal/indikasi kerusakan kompresor.

Kompresor adalah bagian paling mahal dari sistem AC. Bila bearing pada kompresor pecah/rusak, berarti komponen-komponen lain terkontaminasi partikel logam itu. Sistem harus dikuras plus penggantian kompresor dan komponen lain. Ini sangat mahal.


5. Normal, Ada Tetesan Air

Bila ada tetesan air di bawah mobil, jangan terkejut karena itu normal-normal saja. Itu berasal dari evaporator. Evaporator memiliki pipa yang memungkinkan evaporator mengalirkan air keluar mobil. Kadang-kadang pipa ini tersumbat atau patah sehingga evaporator tidak bisa mengalirkan air ke luar mobil dan malah ke dalam kabin. Problem ini bisa diatasi dengan murah.


6. Perawatan Berkala

Seperti sistem lain di mobil, AC juga perlu di periksa secara berkala. Kompresor perlu pelumas, filter perlu dibersihkan dari kotoran dan kelembaban. Bila filter kotor, kinerja sistem terganggu dan bisa membuat sistem tidak bekerja sama sekali.

Gas refrigerant pada umumnya diganti empat tahun setelah mobil dibuat lalu dua hingga tiga tahun sekali setelah itu. Perawatan berkala sistem AC mobil anda akan menjaga kompresor bekerja sempurna demikian juga komponen-komponen vital lainnya. Perawatan berkala merupakan investasi jangka panjang sekaligus menjamin anda tetap nyaman di hari yang terik.





Baca juga
  » 8 April 2014
Lakukan Ini saat Lampu Indikator Check Engine Menyala
Tidak perlu panik ketikalampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) tiba-tiba menyala

  » 28 Maret 2014
Gangguan yang Kerap Muncul Pada Rem Mobil
Pemakaian kampas yang tidak sesuai peruntukannya, membuat beberapa material kampas tertinggal di cakram

  » 22 Maret 2014
Mengenal Jenis Perangkat Rem pada Mobil
perangkat rem yang selama ini difungsikan dengan menginjak pedal di bagian bawah, memang sangat bergantung dari tekanan oli

  » 18 Maret 2014
Kenali Ciri Mobil yang Harus di Spooring dan Balancing
Banyaknya lubang yang bertebaran di jalanan akibat efek banjir di berbagai daerah menjadi momok seram bagi kaki-kaki mobil

  » 8 Maret 2014
Mengenal Perangkat Aerodinamika yang Ada di Mobil
Perangkat aerodinamika atau pengarah angin yang ada di mobil bertujuan supaya angin yang ‘tertabrak’ dapat mengalir dengan mulus

  » 5 Maret 2014
Cara Mudah Cek Kondisi Suspensi Mobil
suspensi memegang peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian saat berkendara

  » 3 Maret 2014
Kenali Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Pada Mobil
Hubungan arus pendek listrik atau short merupakan unsur internal yang kerap menjadi sumber utama terjadinya kebakaran

  » 26 Februari 2014
Mengenal Teknologi "Anti Maling" Immobilizer
Prinsip dari immobilizer sederhana saja, Di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode

  » 22 Februari 2014
Pentingnya Mengganti Filter Mobil Secara Rutin
Untuk beberapa kasus, filter harus diganti lebih cepat karena kondisi lingkungan yang tidak menunjang

  » 14 Februari 2014
Efek Debu Vulkanik bagi Kendaraan Bermotor dan Solusinya
Debu vulkanik yang ditimbulkan akibat letusan gunung berapi tak hanya berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan, tetapi juga terhadap kendaraan bermotor.

  » 13 Februari 2014
Mengenal Cara Kerja dan Jenis Kompresor AC Mobil
Kompresor layaknya jantung dalam sebuah sistem AC. Ia bertugas mensirkulasikan atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator

  » 2 Februari 2014
Mengenal Perkembangan Mesin 3-Silinder
Penggunaan bahan bakar yang efisien selalu menjadi target utama dari perkembangan teknologi mesin modern

  » 27 Januari 2014
Beginilah Cara Kerja Autonomous Car atau Self Driving Car
Mimpi manuasia membuat mobil yang bisa mengendalikan dirinya sendiri sudah puluhan tahun lalu ada. Tapi baru akhir-akhir ini riset dan teknologi para pabrikan berhasil mewujudkannya

  » 18 Januari 2014
Mengenal Fungsi Engine Mounting dan Cara Deteksi Kerusakannya
Konstruksi engine mounting konvensional umumnya berupa pelat baja dengan satu sisi menjadi pengait dengan sasis

  » 6 Januari 2014
Timing Belt "EcoBoost", Tidak Perlu Ganti Selamanya
Salah satu teknologi EcoBoost adalah “timing belt” yang disebut “belt-in oil drive” alias belt atau sabuk dalam oli

Information
12 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,681,187
Customer Service
marketing_mbm
Search
Search:
Others
Others
 

Link Partners:
Harga Toyota Surabaya

Copyright © 2008-2014  www.manualbookmobil.com (Andalan Jaya Group)


Toko Online