Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
Shopping Cart
shopping cart0 item
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Tips Pilih Bohlam Aftermarket

30 Agustus 2012

Lampu pada mobil salah satu faktor penting, karena lampu mobil berfungsi untuk membantu menyinari jalan saat matahari sudah mulai terbenam. Namun performanya akan menurun, seiring dengan usia kendaraan.

Bohlam menjadi salah satu penyebab menurunnya kemampuan headlamp dalam memberi cahaya terang saat berkendara malam hari. Selain kerusakan mika, reflektor atau pun suplai listrik yang terganggu, warna dari bohlam sangat menentukan kemampuannya di beragam medan. Apalagi bila mobil siap digunakan untuk pelesir ke luar kota.

Nah, bila ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengganti bohlam, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. HALOGEN
Kebanyakan mobil saat ini masih mengadopsi bohlam jenis halogen. Produsen mobil tentu telah memilih jenis bohlam yang tepat untuk mendapat penerangan optimal. Namun bila perlu mengganti akibat bohlam telah putus atau lantaran performanya telah menurun, Anda perlu memperhatikan spesifikasi yang diusungnya. Jangan sampai daya dari bohlam pengganti tidak sesuai dengan spesifikasi di mobil Anda.

Umumnya bohlam standar memiliki ukuran 55/60 watt. Sedangkan bohlam aftermarket cenderung menawarkan ukuran 90/100 watt atau bahkan lebih. Memang saat digunakan, bohlam berdaya besar akan menghasilkan cahaya yang jauh lebih terang dari standarnya, namun ia memiliki efek negatif saat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Apalagi material headlamp mobil modern saat ini menggunakan plastik, baik untuk reflektor atau pun kaca penutupnya. Berbeda dengan mobil lawas yang masih mengadopsi kaca dan material logam untuk reflektornya.

Daya lebih besar tentu menghasilkan panas yang lebih tinggi pula. Disinilah efek negatif yang ditimbulkan dari bohlam berdaya besar, kerusakan mika atau reflektor akan rentan terjadi. Tak heran bila warna mika akan mulai menguning akibat suhu yang meningkat. Berarti dalam jangka waktu tertentu, performa headlamp pun akan menurun drastis.

Solusi untuk meningkatkan performa headlamp adalah memilih bohlam yang memiliki kemampuan di atas standar namun dengan daya tetap 55/60 watt. Beberapa produk seperti Osram Nightbreaker, Philips X-Treme Vision dan lainnya menawarkan cahaya yang lebih terang. Konsekuensi dari teknologi ini adalah usia pakai yang lebih pendek dari bohlam standar.

Selain itu, pastikan suplai listrik ke headlamp tidak terganggu. biasanya hambatan kabel akan meningkat bersamaan dengan usia kendaraan. Tidak ada salahnya untuk menggunakan relay set tambahan untuk menjamin suplai listrik dan grounding lampu optimal.
 
2. HID LAMPS
Berbicara cahaya yang dihasilkan, HID (High Intensity Discharge) Lamps menjadi pilihan terbaik saat ini. Apalagi sudah cukup banyak produsen mobil yang menyematkan HID Lamps sebagai kelengkapan standarnya.

Tapi tidak sedikit pula pemilik kendaraan yang menganti bohlam HID dengan warna menarik, agar tampil beda. Warna standar pabrik tentu yang paling fleksibel untuk digunakan. tapi dengan warna agak kebiruan, ia akan terlihat terang saat malam hari tanpa kehadiran rintik hujan. Kebalikannya adalah warna agak kekuningan. Saat berkabut atau turun hujan, ia pionir untuk menembusnya, namun efek negatifknya saat digunakan di kondisi normal, cahaya yang dihasilkan cukup menyilaukan pengendara lain.

Pilihan Warna Lampu:

3000K: Kuning emas atau kuning stabilo.
Biasanya lebih disarankan untuk dipasang pada fog lamp. Warna kuning dapat membantu kita melihat pada saat terjadi hujan atau kabut. Dengan warnanya yang pekat, maka dapat dipastikan kalau hujan dan kabut turun, kita tetap dapat melihat jalanan dengan cukup jelas.

4300K : Kuning merah dengan bias putih.
Warna ini digunakan oleh mobil yang sudah menggunakan HID dari pabrik. Sehingga jika kita ingin mengganti bohlam HID standard di mobil yang rusak, dapat memilih 4300K untuk tetap terlihat original. Untuk kenyamanan, 4300K dapat dikatakan cukup karena pada saat tidak hujan, warna 4300K terlihat soft, begitu juga saat kondisi hujan.

6000K :  Putih dengan bias kuning merah.
Berbeda dgn 4300k. 6000K memiliki warna yg ce­rah, terang & bold. Karena rata-rata pada mata manusia, selalu menangkap warna putih itu lebih terang dibanding dgn warna-warna lainnya. Untuk kenyamanan, warna ini dapat dikatakan baik sekali dan menjadi warna favorit.

8000K : Biru dgn bias putih.
Warna ini lebih diperuntukan untuk mereka yang lebih mementingkan style. Namun untuk kenyamanan, dapat dikatakan kurang baik.

PENTING: Dalam memilih produk bohlam HID aftermarket, kita harus hati-hati. Sebaiknya beli merek yang sudah terkenal karena banyak merek baru yang melakukan kecurangan. Kecurangan yang dilakukan dengan cara, tidak memberikan hasil yang nyata antara watt yang tertera di bungkusnya dengan watt nyata yang dihasilkan oleh bohlam tersebut. Hasil sinar yang dihasilkan juga cenderung tidak fokus. Sehingga malah membahayakan kita sendiri. Jangan cepat tergoda dengan harga murah yang ditawarkan.
Ada beberapa mobil yang sudah menggunakan projKita bisa memilih batok lampu HID buatan Taiwan yang beredar di pasaran atau dengan cara memodifikasi batok lampu asli kita dengan dengan projektor. Untuk memodifikasi batok lampu asli kita, pastikan pilih rumah modifikasi yang profesional dalam hal ini. Salah satunya adalah DS81 yang memang sudah terbiasa melakukan hal ini.



Baca juga
  » 30 September 2014
Komponen Penentu Performa Mesin Mobil
Perawatan berkala, umumnya akan dilakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen yang dihitung berdasar umur pakai.

  » 25 Agustus 2014
Mengenal Penyakit yang Biasa Terjadi pada Puli
Karena dikencangkan beltnya dan dipakai bertahun-tahun menyebabkan puli bisa rusak

  » 26 Juli 2014
Tips Aman Berkendara Jauh Pakai Mobil Tua
Pengecekan komponen pada mobil lawas diperluas ke tali kipas hingga pompa air

  » 25 Juli 2014
Cara Gampang Merawat Kaca Film Mobil
Kaca film di mobil butuh perawatan jika ingin usia pakai lama

  » 24 Juli 2014
Lakukan Ini Agar AC Mobil Selalu Dingin
Ada beberapa bagian yang bisa di cek, agar kualitas AC mobil tetap terjaga

  » 23 Juli 2014
Tips Ringan Mengisi Air Radiator BMW
Cara mengisi air radiator yang salah sebabkan banyak udara di dalam tabung reservoir yang belum dikeluarkan

  » 22 Juli 2014
Solusi Untuk Mobil yang Pedal Koplingnya ”Keras”
Menginjak dan melepas kopling secara kasar bila sering dilakukan, pelat/piringan kopling terhadap roda gila akan terasa lebih keras

  » 21 Juli 2014
Evolusi Transmisi Otomotis pada Mobil
Bukan hanya hebat untuk mobil sehari-hari, mobil balap sekelas F1 pun memiliki transmisi otomatis

  » 16 Juli 2014
Mengenal Teknologi Lampu LED
Kini penggunaan lampu LED mulai diadopsi pada berbagai area, kehadiran LED bukan sekadar pelengkap aksesori belaka

  » 11 Juli 2014
Efek Buruk buat Mobil Injeksi yang Tangkinya Sering Kosong
Selain menjadi media bakar, bahan bakar juga sebagai media pendingin bagi pompa bahan bakar.

  » 1 Juli 2014
Tips Berkendara dengan Mobil Turbo
Aman mengemudikan mobil berturbo, ada beberapa faktor yang perlu diketahui dan tips berkendara yang bisa diterapkan

  » 28 Juni 2014
Perawatan buat Mobil yang Berumur Diatas 5 Tahun
Perawatan mobil setelah berusia lima tahun merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan oleh semua pemilik kendaraan

  » 23 Juni 2014
Fitur-Fitur Mobil Paling Cocok untuk Indonesia
Pertimbangan konsumen untuk membeli mobil salah satunya adalah kelengkapan fitur

  » 18 Juni 2014
Perlakuan Pada Mobil Dalam Kondisi Tidak Normal
Dalam perawatan, akan tertera perlakuan terhadap mobil jika berjalan dalam kondisi tidak normal.

  » 12 Juni 2014
Fitur - Fitur Audio Mobil Terkini
Teknologi mengubah banyak hal, audio mobil tidak lagi sekadar sebagai media mendengarkan lagu

Search
Search:
Others
Others
Others