Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
21 April 2014
Cara Mudah Hilangkan Noda Pada Cat Mobil
Perawatan memang perlu dilakukan, tetapi rintangan akan selalu menghampiri. Salah satunya ialah noda-noda ringan yang menghinggapi cat. detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Tips Pergantian Oli Matik Pada Mobil

6 September 2012

Setiap ATPM punya aturan sendiri untuk pergantian oli matik ini yang kadangkala berbeda dengan ATPM lain. Begitu juga dengan spesialis matik yang punya rumusan berdasar pengalaman menangani berbagai macam tipe girboks matik pada aneka merek mobil. Untuk gampangnya, bisa berpedoman pada anjuran ATPM mobil Anda. Namun bagaimana jika sudah putus hubungan dengan bengkel resmi? Terpenting meski caranya berbeda namun tujuannya sama-sama  bikin awet matik Anda!

Mari simak aturan beberapa ATPM. Pada varian Toyota misalnya Avanza matik. Setiap 40.000 km wajib mengganti oli matik baru. Ditambah mesti kuras total pada 80.000 km.

Untuk Honda, seperti New CR-V oli bisa tahan hingga 100.000 km  sesuai buku petunjuk, namun bengkel menyarankan ganti pada 40.000 km.

Produk Chevrolet lain lagi aturannya, seperti pada Captiva, oli matik diganti setiap 20.000 km, 60.000 km dan 100.000 km. Sementara mesti kuras total pada 40.000 km, 80.000 km dan seterusnya.

Bagaimana pergantian oli matik dengan interval lebih cepat? Sebaiknya  diganti tiap 5.000 km dan kuras pada 20.000 km dan kelipatan. Anjuran ini  juga dilakukan bengkel resmi  Honda pada Jazz (GD3) yang pakai matik CVT.

Tentunya, latar belakang penggantian oli yang lebih rapat disebabkan antisipasi performa oli yang menurun lebih cepat. Apalagi di Jakarta sering macet atau stop and go.

Biaya ganti oli yang lebih cepat diharapkan setimpal dengan keawetan transmisi matik yang didapat. Apalagi patokan kilometerpun kadang tidak sesuai lagi karena mobil lebih banyak dikemacetan.

Namun jika mobil matik Anda masih baru dan terikat garansi perawatan bengkel resmi, ya sebaiknya patuhi saja aturan ala ATPM. Ketimbang nanti menyalahi perawatan dan garansi.

 



Baca juga
  » 21 April 2014
Cara Mudah Hilangkan Noda Pada Cat Mobil
Perawatan memang perlu dilakukan, tetapi rintangan akan selalu menghampiri. Salah satunya ialah noda-noda ringan yang menghinggapi cat.