Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin. detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Tips Agar Electronic Power Steering Berumur Panjang

17 September 2012

Pada jaman sekarang ini power steering adalah merupakan perangkat wajib pada sis­tem kemudi mobil. Teknologi ini memudahkan pengemudi melakukan manuver karena memutar setir menjadi ringan. Pada awalnya menggunakan sistem hidraulis alias oli bertekanan. Namun kini berkembang dengan sistem elektris.

Tak lagi memakai pompa oli bertekanan kini memakai motor listrik yang mengandalkan kekuatan aki. Sebutlah mobil seperti Suzuki Karimun, Suzuki Swift, Honda Jazz, Toyota Yaris atau Vios. Meski lebih ringkas dari segi konstruksi, namun tetap ada beberapa pantangan yang mesti diwaspadai.

Electronic Power Steering (EPS) menjadi begitu popular pada mobil bermesin kecil (1.000-1.500 cc) karena motor listrik yang membantu pergerakan kemudi tak berhubungan dengan mesin. Pada power steering dengan mekanisme hidraulis bisa mereduksi tenaga mesin hingga 1 dk.

Artinya, mesin kecil yang tenaganya terbatas tak perlu lagi terpotong karena harus menggerakkan pompa hidraulis power steering. Keunggulan ini lantas dipadukan dengan desain dan konstruksi yang bebas perawatan. Semuanya menggunakan modul dan sensor gerak.

Dari pabriknya, EPS dibuat untuk masa pakai cukup lama. Tetapi karena salah perlakuan dari pemilik mobil atau driver, EPS bisa menjadi bumerang. Namanya juga perangkat mengandalkan kelistrikan, tak pernah terdeteksi secara pasti kapan akan rusak.

Meski begitu, tetap ada lampu indikator pada cluster dasbor yang akan menyala bila ada kelainan pada sektor EPS. Gejalanya bisa seperti setir mendadak berat atau kedutan saat setir diputar. Ini bisa karena kesalahan dalam perawatan atau perlakuan. Semisal pemakaian pelek besar dan ban lebar.

Bisa juga karena perlakuan kasar saat memutar setir kemudi pada saat parkir. Lazim terjadi bila proses parkir harus dilakukan dengan cepat. Modul EPS yang terintegrasi dengan motor listrik di kolom setir tak sanggup menerima command dari sensor gerak yang sangat spontan. Bila ini dijadikan kebiasaan, EPS akan berumur pendek.

Missed threat karena komposisi roda yang tak ideal juga bisa menjadi penyebab EPS tak bertahan lama. Semisal mobil jarang di-alignment sehingga sudut caster, camber, toe-in dan toe-out acak-acakan. Posisi roda yang tak sesuai spek pabrik akan membuat sistem kemudi menjadi lebih berat yang mengakibatkan EPS memiliki beban kerja lebih.

Sementara perawatan pada perangkat EPS itu sendiri tak banyak. Pastikan soket kabel yang menjadi power source EPS selalu terkoneksi dengan baik. Begitu juga dengan main fuse (sekering utama) dan sekering pendukung yang jarang ditengok. Usahakan kondisi fuse selalu prima termasuk konektornya. 

Makanya tak heran bila EPS menjadi sensitif dengan air seperti cipratan, comberan, air cuci steam atau genangan (banjir). Jadi mobil dengan EPS sebaiknya berpikir dua kali bila ingin melibas banjir.



Baca juga
  » 17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin.

  » 8 April 2014
Lakukan Ini saat Lampu Indikator Check Engine Menyala
Tidak perlu panik ketikalampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) tiba-tiba menyala

  » 28 Maret 2014
Gangguan yang Kerap Muncul Pada Rem Mobil
Pemakaian kampas yang tidak sesuai peruntukannya, membuat beberapa material kampas tertinggal di cakram

  » 22 Maret 2014
Mengenal Jenis Perangkat Rem pada Mobil
perangkat rem yang selama ini difungsikan dengan menginjak pedal di bagian bawah, memang sangat bergantung dari tekanan oli

  » 18 Maret 2014
Kenali Ciri Mobil yang Harus di Spooring dan Balancing
Banyaknya lubang yang bertebaran di jalanan akibat efek banjir di berbagai daerah menjadi momok seram bagi kaki-kaki mobil

  » 8 Maret 2014
Mengenal Perangkat Aerodinamika yang Ada di Mobil
Perangkat aerodinamika atau pengarah angin yang ada di mobil bertujuan supaya angin yang ‘tertabrak’ dapat mengalir dengan mulus

  » 5 Maret 2014
Cara Mudah Cek Kondisi Suspensi Mobil
suspensi memegang peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian saat berkendara

  » 3 Maret 2014
Kenali Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Pada Mobil
Hubungan arus pendek listrik atau short merupakan unsur internal yang kerap menjadi sumber utama terjadinya kebakaran

  » 26 Februari 2014
Mengenal Teknologi "Anti Maling" Immobilizer
Prinsip dari immobilizer sederhana saja, Di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode

  » 22 Februari 2014
Pentingnya Mengganti Filter Mobil Secara Rutin
Untuk beberapa kasus, filter harus diganti lebih cepat karena kondisi lingkungan yang tidak menunjang

  » 14 Februari 2014
Efek Debu Vulkanik bagi Kendaraan Bermotor dan Solusinya
Debu vulkanik yang ditimbulkan akibat letusan gunung berapi tak hanya berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan, tetapi juga terhadap kendaraan bermotor.

  » 13 Februari 2014
Mengenal Cara Kerja dan Jenis Kompresor AC Mobil
Kompresor layaknya jantung dalam sebuah sistem AC. Ia bertugas mensirkulasikan atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator

  » 2 Februari 2014
Mengenal Perkembangan Mesin 3-Silinder
Penggunaan bahan bakar yang efisien selalu menjadi target utama dari perkembangan teknologi mesin modern

  » 27 Januari 2014
Beginilah Cara Kerja Autonomous Car atau Self Driving Car
Mimpi manuasia membuat mobil yang bisa mengendalikan dirinya sendiri sudah puluhan tahun lalu ada. Tapi baru akhir-akhir ini riset dan teknologi para pabrikan berhasil mewujudkannya

  » 18 Januari 2014
Mengenal Fungsi Engine Mounting dan Cara Deteksi Kerusakannya
Konstruksi engine mounting konvensional umumnya berupa pelat baja dengan satu sisi menjadi pengait dengan sasis

Information
14 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,685,561
Customer Service
marketing_mbm
Search
Search:
Others
Others
 

Link Partners:
Harga Toyota Surabaya

Copyright © 2008-2014  www.manualbookmobil.com (Andalan Jaya Group)


Toko Online