Otomotif: Manual book mobil buat mekanik dan komunitas
0 item
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin. detail

» index berita
Testimonial
Erwin
Tks, buku manual sudah saya terima 3 hari sejak transfer. Bukunya sangat berguna untuk saya mengenal mesin mobil. Gud luck MBM...

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Tips Saat Kunci Mobil Tertinggal Dalam Kabin

20 September 2012

Sebagian pemilik mobil mungkin pernah mengalami anak kunci tertinggal di dalam mobilnya. Misal ketika membuka pintu mobil untuk keluar sebentar atau melakukan aktivitas di luar, tanpa sengaja pintu ketutup dan kunci mobil otomatis mengunci. 

Banyak alternatif bisa dilakukan, seperti memanggil mobil derek jika kejadiannya di tengah perjalanan. Ambil kunci cadangan di rumah andai lokasi tak jauh dari dari rumah, atau mendatangkan tukang kunci.

Bisa juga menyelipkan penggaris besi panjang di antara karet kaca pintu depan. Digeser-geser hingga menyentuh sesuatu, lalu tekan dan batang kecil di bawah kaca akan menyembul ke atas, tanda pintu sudah tidak terkunci.

Tetapi pada beberapa tipe mobil yang dilengkapi immobilizer keys, cara penggaris besi tak dapat dilakukan. Kunci jenis ini berfungsi menghidupkan mesin, juga memiliki sistem pengamanan kunci mobil dengan menggunakan chip komputer yang dipasang di dalam kunci dan mesin mobil.

Kalau pintu tertutup dan kunci tertinggal di dalam mobil, tak ada jalan lain kecuali dibuka pakai kunci cadangan. Apapun jenis kunci mobil yang dimiliki, kunci serep harus dibawa untuk menghindari hal-hal seperti itu.

Kebanyakan orang menganggap membawa-bawa kunci serep itu sepele. Padahal kan bisa ditaruh di dompet, tas atau apapun yang hanya diketahui sendiri.Kalau kunci tertinggal lalu diakali, itu sudah merusak sekuritas yang mestinya tidak boleh dilakukan. Apalagi mobil mewah seperti Toyota Camry atau Alphard yang punya sistem anti-theft (antimaling).

Namun terhadap mobil sedan atau MPV yang ramai di pasaran, ia menganjurkan memecahkan kaca segitiga di depan, tengah atau belakang. Sehingga tangan bisa menjangkau tuas  pembuka pintu.

Kaca segi tiga itu harganya enggak lebih dari Rp 100 ribu. Jika tidak ada, pokoknya cari kaca yang kira-kira harganya paling murah. Dengan cara ini, alarm akan berbunyi, tetapi enggak apa-apa, cuma sebentar kok.

Menurutnya, langkah itu lebih baik ketimbang merusak sistem sekuritas di mobil. Artinya, apapun cara yang dilakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci, justru memberi tahu maling atau orang jahat bagaimana cara mencuri mobil. 

Kalau memecahkan kaca untuk mencuri mobil, kan malingnya bisa berpikir dua kali tetapi ingat, jika kejadiannya di tempat umum, pastikan ada sekuriti mengetahui tindakan Anda. Kalau tidak, bisa dikira mau mencuri mobil.

Lalu bagaimana dengan mobil-mobil tertentu yang punya ‘tuas rahasia’ di suatu tempat, yaitu cukup menarik tuas atau menekan tombol maka pintu akan terbuka. Memang ada di beberapa mobil, misal yang limited, tetapi tidak semua orang tahu di mana letaknya. Bahkan di bengkel pun hanya orang tertentu yang mengetahuinya. Kalau semua tahu, takutnya bisa dimanfaatkan untuk mencuri mobil tersebut.



Baca juga
  » 17 April 2014
Kenali Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpotnya
Kerusakan mesin juga bisa dideteksi dari kepekatan asapnya. Tebal dan tipis memiliki arti yang berbeda-beda. Kondisi-kondisi berlaku baik bagi mesin diesel maupun bensin.

  » 8 April 2014
Lakukan Ini saat Lampu Indikator Check Engine Menyala
Tidak perlu panik ketikalampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) tiba-tiba menyala

  » 28 Maret 2014
Gangguan yang Kerap Muncul Pada Rem Mobil
Pemakaian kampas yang tidak sesuai peruntukannya, membuat beberapa material kampas tertinggal di cakram

  » 22 Maret 2014
Mengenal Jenis Perangkat Rem pada Mobil
perangkat rem yang selama ini difungsikan dengan menginjak pedal di bagian bawah, memang sangat bergantung dari tekanan oli

  » 18 Maret 2014
Kenali Ciri Mobil yang Harus di Spooring dan Balancing
Banyaknya lubang yang bertebaran di jalanan akibat efek banjir di berbagai daerah menjadi momok seram bagi kaki-kaki mobil

  » 8 Maret 2014
Mengenal Perangkat Aerodinamika yang Ada di Mobil
Perangkat aerodinamika atau pengarah angin yang ada di mobil bertujuan supaya angin yang ‘tertabrak’ dapat mengalir dengan mulus

  » 5 Maret 2014
Cara Mudah Cek Kondisi Suspensi Mobil
suspensi memegang peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian saat berkendara

  » 3 Maret 2014
Kenali Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Pada Mobil
Hubungan arus pendek listrik atau short merupakan unsur internal yang kerap menjadi sumber utama terjadinya kebakaran

  » 26 Februari 2014
Mengenal Teknologi "Anti Maling" Immobilizer
Prinsip dari immobilizer sederhana saja, Di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode

  » 22 Februari 2014
Pentingnya Mengganti Filter Mobil Secara Rutin
Untuk beberapa kasus, filter harus diganti lebih cepat karena kondisi lingkungan yang tidak menunjang

  » 14 Februari 2014
Efek Debu Vulkanik bagi Kendaraan Bermotor dan Solusinya
Debu vulkanik yang ditimbulkan akibat letusan gunung berapi tak hanya berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan, tetapi juga terhadap kendaraan bermotor.

  » 13 Februari 2014
Mengenal Cara Kerja dan Jenis Kompresor AC Mobil
Kompresor layaknya jantung dalam sebuah sistem AC. Ia bertugas mensirkulasikan atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator

  » 2 Februari 2014
Mengenal Perkembangan Mesin 3-Silinder
Penggunaan bahan bakar yang efisien selalu menjadi target utama dari perkembangan teknologi mesin modern

  » 27 Januari 2014
Beginilah Cara Kerja Autonomous Car atau Self Driving Car
Mimpi manuasia membuat mobil yang bisa mengendalikan dirinya sendiri sudah puluhan tahun lalu ada. Tapi baru akhir-akhir ini riset dan teknologi para pabrikan berhasil mewujudkannya

  » 18 Januari 2014
Mengenal Fungsi Engine Mounting dan Cara Deteksi Kerusakannya
Konstruksi engine mounting konvensional umumnya berupa pelat baja dengan satu sisi menjadi pengait dengan sasis

Information
13 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,683,067
Customer Service
marketing_mbm
Search
Search:
Others
Others
 

Link Partners:
Harga Toyota Surabaya

Copyright © 2008-2014  www.manualbookmobil.com (Andalan Jaya Group)


Toko Online